Senin, 16 Mei 2016

BAGEL EASY

Edit Posted by with No comments



Satu hal yang mengagumkan dari adonan donat adalah sifatnya yang versatile, tetap sama enak dan menariknya meski di masak dengan cara di goreng ataupun direbus terlebih dahulu lalu di bake.

Dulunya saya gak punya gambaran tentang bagel karena waktu saya kecil opa dan oma saya kerap menikmati kue yang mereka namai dengan bagel saat mengudap bubur kacang hijau. Bentuknya seperti bun namun dengan tekstur yang sangat kering dan berbunyi kres..kres ketika di gigit.

Bagel yang ini bukan bagel yang seperti itu.

Ini adalah donat yang cara memasaknya lumayan unik yaitu setelah diproofing supaya mengembang kemudian direbus sebentar lalu di panggang.

Tekstur akhirnya adalah kering dan crunchy diluar dan oowey goowey alias lembut di dalam. Buat yang sedang diet ini pilihan yang paling tepat mengingat pemakaian minyak sangat sedikit. Lemak yang di gunakan hanya 1 sdm minyak goreng dan sedikit margarine.

Tadinya saya membuat ini hanya untuk saya saja namun ternyata suami dan seisi rumah menyukainya. Karena saya mencoba hanya sedikit saja untuk trial dan error jadinya sekali hap habis deh! He..he..

Ayo kalo mau mencoba silahkan di catat resep ini:

BAGEL EASY

Yield: 5 pieces

20 sdm Terigu Cakra / Protein Tinggi
1 sdm ragi instan
1 sdm minyak goreng
½ sdm gula pasir
50 ml air hangat
Garam sejimpit
½ sdt soda kue
2 sdm margarine untuk adonan
1 sdm margarine untuk mengoles
1 sdm madu
Biji wijen putih untuk taburan

Cara Membuat:

1.      Mix terigu,ragi,minyak goreng,gula pasir,air hangat, margarine dan garam.Uleni hingga kalis. Istirahatkan selama 30 menit dan tutup dengan kain atau plastik supaya hangat. Setelah itu bagi adonan menjadi 5 bagian , uleni sebentar untuk mengeluarkan udaranya dan bentuk dengan cara memilin adonan hingga memanjang seperti tongkat lalu pertemukan kedua ujungnya maka akan berbentuk cincin besar lalu diamkan lagi selama 20 menit.

2.     Rebus air dan soda kue jangan lupa masukkan juga madu ke dalamnya hingga mendidih. Cemplungkan adonan cincin, rebus sebentar sampai mengembang, balik-balik kedua sisinya agar mengembang secara merata. Angkat dan tiriskan.

3.     Siapkan loyang, olesi dengan margarine lalu susun adonan cincin yang telah direbus dan ditiriskan ke atasnya. Olesi bagian atas dan samping adonan cincin dengan biji wijen sampai tertutup.

4.     Panggang selama 30-40 menit hingga coklat keemasan, hati-hati jangan sampai gosong.

5.     Siap di hidangkan dan disantap dengan keju lembaran, mayo dan saus.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...