Kamis, 07 Januari 2016

RENDANG PADANG SUPER EASY

Edit Posted by with No comments


Hayo tebak kenapa saya bilang super easy?

Ya karena bikinnya gak pake ribet, gak pake puyeng, pokoke easy-all-the-way-round.

Dari awal sampe akhir semuanya smooth jalannya.

Siapapun bisa membuat rendang yang enak. Yang paling penting sih menurut saya adalah pemilihan daging. Kalo mo cerdas menghemat waktu kita mesti menggunakan jenis daging sapi yang dari bagian tenderloin (has dalam) atau minimal sirloin (has luar) juga bisa. Other than that type ya kita harus spend waktu jauh lebih lama dari kedua tipe daging diatas. Ini yang sering membuat orang lama banget bikin rendang…paling mungkin supaya dagingnya empuk. Ini di pastikan karena daging yang mereka pakai biasanya daging yang sebelumnya sering di gunakan bekerja oleh sapi, jadinya dagingnya alot dan butuh waktu ekstra untuk mengempukkannya.

Waktu saya membuat saya gak pakai daun kunyit karena gak ada di vendor yang biasa tempat saya beli bumbu. Saya juga gak pakai asam kandis karena di Bali jarang ada yang menjual bumbu-bumbu khas Sumatera, jadi di part ini saya gantikan dengan perasan 1 buah jeruk nipis besar. 

Tapi lucunya keluarga saya yang menyantapnya koq gak ada seorangpun yang ngeh lho guys…mereka bilang…walah this is over the top banget deh rasanya…pas kayak buatan resto Padang ternama. Padahal tadinya saya deg-degan luarbiasa takutnya absennya kedua bumbu tersebut akan sangat mempengaruhi rasa. Ternyata keraguan saya tidak terbukti sama sekali. So guys…jika suatu saat menghadapi situasi pelik kayak saya diatas..just go on aja, jangan malah di cancel acara masaknya. Kemungkinan karena berbagai bumbu kuat yang ter-blend di dalam rendang ini menjadikan mixture dari rasanya saling overlapping atau bisa jadi saling menutupi…atau kata yang tepat kali adalah saling menyeimbang. Jadi tidak ada salah satu bumbu yang over powering alias tidak ada yang rasanya paling mencuat sendiri. Satu kesatuan rasa ini yang pada akhirnya membuat rendang menjadi luar biasa enak ketika di santap.

Okay ladies…without any further due…please welcome my super easy Padang Rendang.

Bahan-Bahan:

300 gr Daging Sapi ( saya pakai beef fillet steak)
2 bungkus santan kara
600 ml air
½ kelapa, parut dan sangrai bersama ketumbar hingga agak hitam, tapi pastikan tidak gosong (tandanya aroma tetap masih harum), setelah itu giling hingga halus dan tampak minyaknya keluar
1 ½ sdm Ketumbar, sangrai bersama kelapa parut dan giling (dengan kelapa)
5 lembar daun jeruk
2 batang serai, keprek
1 buah jeruk nipis besar, peras airnya
1 lembar daun kunyit (saya gak pakai)
5 lembar daun salam
3 buah kentang di potong-potong (opsional)


Bahan di haluskan dan di tumis:

Sejumput jintan utuh
Sejumput bunga lawang bubuk
9 bawang merah
2 bawang putih
7 buah cabe merah
Seruas jahe
Seruas besar lengkuas
1 sdm garam
Sejumput gula pasir


Cara membuatnya:

Di wajan, masukkan air, daging, kelapa parut dan ketumbar yang sudah di sangrai dan di haluskan menjadi paste, tambahkan daun jeruk, daun kunyit,daun salam, serai, garam.

Kemudian masukkan tumisan bumbu halus, aduk merata.

Masukkan 1 bungkus santan, aduk merata. Diamkan hingga mendidih, aduk sesekali.

Tambahkan kentang (optional)

Masukkan air perasan jeruk nipis, aduk lagi.

Pada saat kuah mengental dan menyusut jumlah airnya, masukkan 1 bungkus santan lagi.

Aduk sesekali.

Saat konsistensi kekentalan kuah sudah kita dapatkan sesuai kemauan kita dan setelah daging matang dan empuk juga kentang telah matang, matikan api dan angkat.

HIdangkan dengan nasi hangat

Untuk 4 orang



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...