Kamis, 03 Desember 2015

HOMEMADE YOGHURT

Edit Posted by with No comments



Minggu lalu kakak saya Amelie datang ke Bali dari Singapore tempat dia dan suaminya bermukim. Selama dia menginap di pondok kami hampir tiap hari Kak Amie mengajak kedua anak saya ke super market. Segala snack-snack kesukaan mereka di belikan , sepatu, pakaian sampai ke susu segala di borong juga. Susu bubuk kotakan Dancow full cream malahan di beli sampai 6 kotak saudara-saudara! Aku terharu melihat perhatian dan limpahan rasa sayang dari kakakku kepada anak-anakku. Semakin sayang deh dengan Kak Amie. Aku doakan semoga Kak Amie segera di berikan momongan oleh Yang Maha Kuasa. Amin.

Now…is about Yoghurt!

Menyadari bahwa ada susu melimpah…twink! Tiba-tiba ide nyeleneh saya nongol expectedly….g-i-m-a-n-a kalo mbikin yoghurt dengan susu bubuk kotakan. Tadinya was-was juga takut gak jadi karena biasanya susunya harus selalu susu segar. But kalo gak dicoba kan gak tahu…then I tried it! And everything went very well. Yoghurtnya berhasil jadi dan konsistensinya seperti yang saya inginkan yaitu encer atau cair bukan yang krimi kental.

Boleh dibilang ini proses pembuatan paling nyantai yang pernah saya lakukan, tinggal campur-campur dan diamkan selama 24 jam. Saya tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung tapi saya gantungkan di sisi luar lemari es. Bagi beberapa lemari es mungkin sumber panasnya di bagian atasnya. Tetapi kulkas saya mengeluarkan panas di bagian dinding luarnya. Jadi saya mengakali dengan meletakkan taplak kulkas diatasnya dan menaruh botol yoghurt saya di saku-saku taplak tersebut.

Bahan:

25 sendok susu bubuk Dancow full cream (larutkan ke dalam 1 liter air matang)

½ kemasan yoghurt (saya pakai yummy plain ukuran paling kecil)

Cara membuatnya:

Panaskan susu yang telah dilarutkan hingga mendidih. Angkat.

Diamkan 5 menit.

Tambahkan yoghurt ke dalamnya. Aduk-aduk merata.

Masukkan ke botol yang telah kita rendam dengan air mendidih.

Bungkus dengan serbet, dan letakkan di saku taplak kulkas.

Diamkan 24 jam.

Setelah yoghurt jadi, langsung simpan di chiller.

Sajikan.

Note: Yoghurt ini tidak mengandung bahan pengawet maka tidak dapat bertahan lama dan hanya bertahan dalam jangka waktu 2 hari saja.



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...