Kamis, 12 November 2015

CHOUX PASTRY (KUE SUS)

Edit Posted by with No comments


Kita mengenal kue jenis ini sebagai Kue Sus. Hayo siapa yang gak kenal dengan Kue Sus? Pasti semua kenal kaan ..something must be wrong if you don’t know this J
Hampir di berbagai acara resmi dan tidak resmi senantiasa menyelipkan choux pastry ini sebagai kudapan wajib. Mengapa? Pastinya karena rasanya gurih, manis, lembut dan harum dari aroma telur dan Rhum.






Sebenarnya membuatnya mudah aja gak seribet yang kita pikirkan sebelum di praktekkan.
Saya sendiri sejak kecil memang menggemari kue yang satu ini, kadang-kadang saya malah bisa menghabiskan 3 pcs…gak terasa masuk lagi…masuk lagi…yummm…abis enak sih. Mungkin melihat gejala ini akhirnya Mama saya bertekad membuatnya sendiri..mungkin dari pada harus membeli lebih baik membuat sendiri. Lebih sehat, lebih murah, tanpa bahan pengawet dan enak lagi..oiya satu lagi ada bonus…apa tuh? Ya bonusnya jadi semakin disayang keluarga.

Pas weekend kemarin saya sempatkan membuat kue ini, seperti biasa saya selalu membuatnya dalam porsi sedikit supaya habis sekali makan  karena lebih fresh ketimbang bikin dalam jumlah banyak dan harus di simpan berhari-hari di di kulkas…rasanya gimana gitu…sepertinya jadi gak kress pas di santap.

Kali ini saya membuat isiannya dengan simple butter cream, gampang membuatnya dan gak perlu harus pakai mixer segala, cuma di kocok atau di aduk dengan sendok sekitar 15 menitan udah jadi. Ya tentu aja kita harus berhenti sebentar kalo tangan berasa pegel..tapi itung-itung olahraga jeung sekalian melatih otot tangan. dan hemat energi.he..he..

Untuk adonan kulit saya juga menggunakan whisk (pengocok dengan menggunakan tangan), tapi kalo mau pakai mixer silahkan.

Berikut resep Kue Sus Mama saya:

Adonan Kulit:

15 sdm tepung terigu protein tinggi
5 sdm margarine
4 butir telur
200 ml air
¼ sdt Baking Powder

*Kalo mo tambah garam monggo, kalo saya gak pakai garam karena margarinenya udah salted

Cara membuatnya:

  • Masak air + margarine hingga mendidih, lalu masukkan tepung kedalamnya, aduk terus, pastikan tepung tidak menggumpal dan telah menyatu dengan air dan margarine tersebut. Aduk merata berulang sekitar 3 menit. Angkat. Matikan api. Sisihkan adonan. Diamkan hingga panasnya menjadi hangat-hangat kuku.
  • Masukkan telur satu persatu ke dalam adonan yang telah hangat-hangat kuku sambil di aduk dengan whisk. Terus aduk sekitar 5-10 menit hingga kekentalan adonan menjadi konsisten dan halus, tidak ada gumpalan lagi.
  • Panaskan oven sebelum baking di mulai
  • Dengan spuit semprotkan adonan ke loyang yang telah dialasi kertas roti, kalo tidak ada kertas roti, loyang kita olesi dengan margarine hingga merata.
  • Panggang di api yang besar, letakkan loyang di rak ke 2 supaya tidak gosong
  • Hindari membuka pintu oven saat baking agar kue mengembang sempurna
  • Bake kurang lebih 25-30 menit, jika telah berwarna agak kecoklatan angkat. Dinginkan di suhu ruang. Setelah dingin. Belah kue tapi jangan sampai putus. Siap di oleskan dengan butter cream di bagian dalam. Taburi bagian atas kue dengan gula halus (opsional).

Adonan Simple Butter Cream:

3 sdm susu kental manis
2 sdm gula pasir atau gula halus
2 sdm margarine
½ sdm Rhum

Cara membuatnya:

  • Campur semua bahan kecuali Rhum.
  • Aduk merata dengan cepat menggunakan sendok selama 10-15 menit.
  • Jika adonan telah berubah warna menjadi keputihan dan agak kaku, masukkan Rhum.
  • Aduk lagi sebentar. Butter Cream siap di gunakan.

Untuk 6 Buah

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...