Minggu, 20 September 2015

PINOY, ORANG FILIPINA-AMERIKA

Edit Posted by with No comments
Pinoy atau Fil-Am orang Filipina di Amerika Serikat
Setidaknya ada lebih dari 4 juta Pinoy di Amerika Serikat pada saat ini. Sebutan Pinoy telah lama beredar di sana dan di pahami sebagai frasa untuk menyebut orang Amerika keturunan bangsa Filipina.

Orang Filipina sendiri diketahui telah lama banyak melakukan migrasi ke negara ini mungkin telah di mulai sejak akhir abad ke 15 bersamaan dengan dimulainya era perdagangan antara Spanyol dan Amerika. Pertama kali mereka menjejakkan kaki di benua Amerika adalah di kota pelabuhan Morro Bay di negara bagian California.

Kita ketahui bahwa Filipina lumayan lama di invasi oleh Spanyol, durasinya hampir sama seperti bangsa Belanda menjajah bangsa kita sekitar tiga ratus tahunan lebih.

Inilah yang membuat Filipina mengadopsi banyak budaya Spanyol secara mendalam, mulai dari penggunaan nama khas Spanyol bahkan sampai ke kulinari yang kental dengan selera Spanyol. Banyak yang menyimpulkan kalau makanan khas Filipina bukan termasuk Asian Food..ya karena memang hampir 100% berakar dari kuliner Spanyol.

Mayoritas Pinoy di era lalu masih berpikir secara colonial mentality alias mental bangsa jajahan dan masih menganggap bahwa bangsa kaukasia memiliki superiority lebih di banding diri mereka, terkadang mempunyai perasaan rendah diri untuk mengungkapkan jati diri mereka sebab terhalang oleh pemikiran sebagai bangsa imigran kelas dua di Amerika.

Memang di era millennium seperti sekarang kesan ini sudah banyak berkurang, namun jelas terekam banyak terjadi pem-buly-an secara rasis sejak tahun 1946-an hingga awal 2000-an yang dilakukan oleh orang Amerika lainnya. Membuat para Pinoy merasakan derita secara psikologi sebab diperlakukan buruk seperti itu padahal mereka telah merasa bahwa mereka sesungguhnya juga bangsa Amerika bahkan dibuktikan dengan dokumen resmi sebagai warganegara USA serta benar-benar mencintai Amerika sebagai tanah air mereka.

Populasi orang Filipina di USA menjadi populasi etnis asia terbanyak nomor dua setelah orang Vietnam dan menjadi populasi Filipina terbanyak yang bermukim di luar negeri. Sayangnya mereka kurang mau tampil di ajang perpolitikan atau pun turut ambil bagian di banyak bidang. Mereka lebih suka untuk tidak terlalu terlihat mencolok keberadaannya dan merasa nyaman untuk tetap bertahan seperti itu saja.

Secara demografis mereka tinggal di wilayah berikut di Amerika Serikat di mulai dari jumlah populasi yang paling besar hingga paling kecil:

  1. California
  2. Hawaii
  3. New York
  4. New Jersey
  5. Washington
  6. Illinois
  7. Texas
  8. Florida
  9. Nevada
  10. Virginia
Komunitas Fil-Am demikian nama lain dari Pinoy meski menetap di Amerika Serikat namun mereka berusaha untuk tetap hidup secara konservatif dan memelihara budaya tradisional bangsa Filipina. Relasi antar Pinoy sangat akrab dan kental dengan hubungan kekeluargaan.

Mereka senang mengadakan acara kumpul-kumpul bersama terutama untuk merayakan hari-hari festival khas Filipina di USA seperti merayakan Festival Sinulog atau pesta awal tahun, hari kemerdekaan setiap bulan Juni sambil menggunakan bahasa ibu mereka yaitu bahasa Tagalog, terkadang juga ada yang berbicara dengan bahasa daerah Filipina lain yakni Visayan dan Ilokano. Namun yang terakhir saya sebutkan ini sudah jarang dipergunakan sebagai bahasa pengantar. Malahan generasi muda Pinoy disinyalir hanya menguasai satu jenis bahasa saja, apalagi kalau bukan bahasa inggris amerika.


Proses asimilasi melalui pernikahan antar etnis Filipina dan Amerika terjadi dan di sebut sebagai “white-washed” dan ini suatu hal yang dipandang baik oleh mereka. Membuat mereka semakin merasa menjadi orang Amerika yang sesungguhnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...